Pages

My favorite thing is to go where I ‘ve never been – Diane Arbus -

Welcome to Hualien

20 July 2014, 5.10 PM

Cuaca cerah menyambut kedatangan kami di Hualien. Kota kecil yang sejuk dan indah dengan latar belakang pegunungan dan pemandangan laut samudra pacific. Kota ini mengingatkan kami pada kota Malang di Indonesia. Tetapi Hualien lebih tenang, bersih dan teratur. Nice city.

Hualien

Hualien city view

Udara sejuk dan wajah kota yang nyaman ini membuat kami memilih untuk berjalan kaki menuju hotel. Kami menginap di Culinnan Hotel Hualien. Kami menyusuri jalanan kota dan berhenti penuh minat di depan sebuah café kecil bernama MOS Burger.

MOS Burger

Burger ala Jepang. Menu burger di tempat ini sangat bervariasi. Kami mencoba burger udang. Hmm, burger disuguhkan hangat, roti burgernya terasa empuk, berpadu dengan isi udang yang crispy, sayur yang segar dan mayonaise. Enak banget. Must try. Shrimp burger price @ 75 NT +/- Rp 30.000,-

MOS Burger in Hualien

Stinky tofu

Malam ini kami berjalan-jalan disekitar hotel. Kami mencoba stinky tofu dan mie di sebuah depot kecil tidak jauh dari hotel. Hmm…jangan dicium ya, bau stinky tofu ( tahu busuk ) ini memang menyengat sekali, saran kami pilih yang goreng jangan yang rebus. Rasanya enak, kering gurih, kecut… yach, must try kalau sudah di Taiwan ;) oya mienya juga enak.

Taroko Gorge

21 July 2014

Taroko adalah sebuah kata yang berasal dari penduduk asli suku Truku yang berarti “megah dan indah”. Yup, kami setuju dengan kalimat megah dan indah.  Pegunungan dengan tebing-tebing  marmer dan ngarai sungai ini begitu indah. Jalanan lebar menembus gunung dan menyempit mengikuti kontur alam yang berbukit memberi pengalaman tersendiri. Taroko Gorge mendapat julukan ngarai paling spektakular di dunia dengan tebing sepanjang 20 KM.

Berlokasi sekitar 15 KM di sebelah utara kota Hualien, Taroko Gorge bisa dicapai dengan mengendarai mobil +/- 40 menit. Terdapat beberapa pilihan transportasi untuk mencapai Taroko Gorge, pilihan termurah dengan menyewa motor +/- 500 NT / hari +/- Rp 200.000,- atau dengan menyewa taxi +/- 2000 NT +/- Rp 800.000,- Hari ini kami memilih mengambil paket one day tour to Taroko Gorge. Paket one day tour meliputi transport and lunch @ 1000 NT +/- Rp 400.000,-

Look at the clear and turquois water

Tebing yang menjulang tinggi dengan puncak tertinggi 3400 meter dari permukaan laut, kejernihan air sungai berwarna biru kehijauan dengan formasi batu-batu yang menyebar dengan unik berpadu dengan pohon-pohon yang begitu asri hanya mewakili satu kata, amazing.

Kami berhenti disebuah persimpangan jalan kecil. Di depan kami terdapat papan petunjuk arah bernama Lushui trail. Tour guide menyarankan kami berjalan mengikuti jalan setapak masuk ke dalam hutan dan akan menjemput kami di bagian ujung jalan yang lain.

Lushui Trail and oak tree

Lushui trail merupakan bagian dari Old Cross - Hehuan Mountain Road yang bersejarah. Konon kondisi jalanan ini hampir sama persis seperti pada jaman Jepang tahun 1895 – 1945. Jalur hiking ini sangat terawat dengan jalanan yang tidak begitu menanjak dan cenderung datar. Kami berjalan melewati jalan setapak di sisi tebing dan menikmati pemandangan lembah sungai Liwu dengan pohon Oak yang sangat langka dan terkenal di Taiwan.

Simple lunch

Dari Lushui Trail kami berhenti untuk makan siang.  Pilihan makan siang hanya terdapat dua macam, set menu babi atau ayam. Kami mengambil paket set ayam. Rasa masakannya cukup enak dan gurih.

Lunch @ Taroko Gorge

Eternal Spring Shrine

Perhentian kami berikutnya adalah  Eternal spring shrine. Sebuah kuil yang dibangun untuk memperingati para pekerja yang telah kehilangan nyawa selama pembangunan jalan.

Eternal spring shrine

The way to Eternal Spring Shrine

Beberapa kali kami melewati terowongan-terowongan dengan jalan yang berliku. Sepanjang perjalanan tebing-tebing gunung dan ngarai sungai mengelilingi kami. Setelah melalui perjalanan sekitar 30 menit, kami sampai di Qingshui cliff.

Qingshui Cliff in Hualien

Qingshui Cliff

Qingshui cliff berlokasi disepanjang jalan antara Heping dan Chongde station. Tebing curam dengan ketinggian sekitar 1000 M dengan kemiringan secara vertical menuju laut yang sangat indah. Gradasi warna air laut membuat keindahan ini menjadi sempurna.

Qixingtan beach

Tempat terakhir yang kami kunjungi adalah Qixingtan beach. Berlokasi di ujung utara kota Hualien pantai ini memiliki batu-batu kerikil yang unik disepanjang pesisir pantai.

Qixingtan beachChishingtan beach

Batu-batu kerikil di Qixingtan beach

Kami bersantai agak lama di pantai. Sayang sekali pantai ini tidak untuk berenang. Beberapa orang hanya bersantai memandang pantai, atau sekedar membasahi kaki di pinggiran pantai.

Qixingtan beachQixingtan beach Hualien

Bicycling  in Hualien

Sore ini kami bersepeda mengelilingi kota Hualien dan berhenti di pesisir pantai menikmati matahari terbenam. Kota yang sangat menyenangkan dikelilingi oleh pegunungan dan laut yang indah.

Salah satu yang menarik di Taiwan adalah buah-buah yang segar dan besar. Buah semangka disini besar banget. Kami melihat beberapa penduduk lokal membeli buah semangka, penjual buah akan memotong semangka menjadi beberapa bagian, dan menyuguhkannya pada nampan panjang. Sebenarnya kami tertarik untuk mencoba, tapi ukuran yang besar ini juga jadi masalah bagi kami, gimana ngabisinnya :-P akhirnya kami tidak jadi membeli dan hanya mengabil foto saja.

Giant Watermelon

Night market in Hualien

Tidak lengkap jika ke Taiwan tapi tidak berkunjung ke night market. Berbeda dengan night market di negara lain, di sini kita akan bertemu dengan wajah-wajah mirip Tomingse sedang memasak seperti foto di atas, sempat kepikir ini keringatnya kalau menetes ke panggangan bisa tambah sedap.. hehe

Beef Steak ‘n BBQ ala Taiwan

Beberapa review yang kami baca merekomendasikan menu steak di night market. Maka kami segera memilih tempat duduk di sebuah stand steak yang sangat ramai pengunjung. Kesulitan terjadi saat memesan menu, semua tertulis dalam tulisan Taiwan dan tidak seorangpun bisa berbahasa Inggris. Mereka susah menentukan steak apa yang kami inginkan, Tidak habis akal kami membuka internet dan menunjukan gambar sapi…:-P saran kami, persiapkan beberapa gambar dalam galery foto kita untuk memudahkan kita saat berpergian ;)

Berbeda dengan steak pada umumnya yang disuguhkan dengan kentang dan sayur, steak Taiwan disuguhkan dengan mie dan telur mata sapi setengah matang. Rasanya enak, cuman sedikit bingung, lagi makan steak atau spaghetti ya hehe :-P

Good night Hualien

Malam ini merupakan malam terakhir kami di Hualien. Dari night market kami memutuskan pulang ke hotel. Besok kami akan melanjutkan perjalanan ke Taitung menggunakan kereta dengan biaya @ NT 343 +/- Rp 137.200,- dan durasi perjalanan +/- 1 jam 40 menit. Good night Hualien…